Selasa, 15 Maret 2011

sendiri

terkadang sendiri itu menarik..
sendiri bukan dalam pengertian kesepian..
sendiri namun bukan tersudut..
sendiri karena pilihan, terkadang lebih baik..

bersama-sama namun semu
bersama-sama namun saling tikam
yang ada hanya saling melukai..
luka itu sakit dan berbekas.
bersama-sama = luka.

terkadang patut dicoba merenung sendiri..
mencoba lebih mengenal apa yang ada di dalam diri..
menarik diri melewati batasan yang selama ini dibuat..
kita bisa berbuat lebih apabila kita sedang sendiri..

tak ada hati yang dapat kita lukai..
tidak ada perasaan yang merasa tersakiti..
tidak akan ada perselisihan yang berlarut-larut.
semua bila kita sendiri. menjadi diri sendiri.

mungkin ada benarnya bersama-sama lebih baik..
namun, tetap saja ada potensi tuk saling 'cabik'.

saya memilih sendiri sekarang ini..
saya takut kembali mencabik hati yang berharga lagi..

Senin, 14 Maret 2011

GALAU

sepertinya benar hidup ini berputar..
ada yang datang dan ada yang pergi, semua silih berganti.
lagi-lagi mencoba mencurahkan perasaan lewat blog yang sudah mati suri ini..
jari-jari kaku seperti membatu tiap kali menyentuh tuts-tust lembut keyboard kesayanganku..

lagi-lagi curahan hati yang tidak tersampaikan harus lewati dunia maya..
dunia kesemuan tempat kita menjadi seseorang yang berbeda.
tidak ada batasan disini, semua hanya teman berbagi.

teringat kembali rapuhnya perasaan ini, berkali-kali hancur meskipun dibebat lagi, sulit betul-betul sembuhnya..
inginnya pulih tetapi terkadang kembali mendidih.
simple, ini masalah kepercayaan.

mungkin hanya diriku saja yang tidak terbiasa dengan hal ini. dia ingin pergi bersama kawan-kawannya yang berlawanan jenis. biasa? ya. kemana? ke Bali. :)

sahabat maya, di sini saja saya bercerita..
tentang perasaan terlunta yang tak menyenangkan sama sekali. bukan sakit, cuma pedih..

salahku yang sebelumnya mengijinkan tanpa pikir panjang, apa mau dikata tiket sudah terbeli. tak ingin pergi katanya sekarang, tapi tak mungkin itu terjadi.

galau menjadi semacam kata-kata favorit anak muda sekarang. apa sih 'galau'? well, kalian tidak akan benar-benar tahu sampai merasakannya. enak? pasti........nya TIDAK.

situasi disaat kau tidak tau apa yang kau lakukan karena tubuh dan otaknmu tidak bekerjasama secara sinergis untuk menopang kehidupan anda. sejauh ini hal tersebut yang saya namakan galau. dan itu saya alami.

apa tulisan ini begitu tidak berarti atau tidak dapat dimengerti? ya maklum lah, cuma curahan orang galau yang mencoba untuk menulis setelah sekian lama berhenti menulis.

tampaknya nge-blog semacam ini berpotensi membuat saya ketagihan dan terbebas dari galau sekarang ini.. ya setidaknya melupakan sejenak.

be right back..=ml=

klise

hilang, lenyap..asa terbakar..

kebencian perlahan mengakar..
letih, hancur. benar-benar lebur.
pupus, kandas, hempas..

daging melemah, jiwa meredup, roh mati.
usang, busuk, remuk

Kamis, 19 Agustus 2010

selamat jalan Emak..

.......
.............
...............................

hari ini agustus tanggal sembilanbelas..
ada sepenggal kisah yang terjadi begitu deras..

aku pernah mempunyai seseorang nenek..
tempatku berkeluh kesah bahkan merengek..

senyumannya bagaikan pelangi sehabis hujan..
biarpun sekilas namun hasilnya melegakan..
laarangannya adalah untk kebaikanku.
ahh,,tak pernah ia letih menasihatiku..

tapi ini kamis tanggal sembilan belas agustus..
hari ini saya menjadi saksi ketika nafasmu terputus..
air mataku tak kunjung keluar..
toh aku berpikir hidupmu masih belum kelar..
tapi aku salah...

itu coba lihat mereka,
anak-anakmu ada disini..cucu-cucumu pun setia menanti..
air matanya tak berhenti mengalir..
mengiringi sampai nafasmu yang terakhir..
bahkan sampai sekarang belum berakhir..
bukti tanda baik budimu semasa hidupmu sejak lahir..

keluhan tak pernah kau ucapkan..
apalagi makian akan kehidupan..
tapi dari kemarin siang kau terus teriak kesakitan..
hancur hati kami semua, berantakan..

Andai saja kau masih dapat membuka mata..
masih banyak hal yang ingin kami perlihatkan di dunia,,
andai saja telingamu masih mendengar,
ada saja kisah yang masih ingin kami bagi bersamamu..

tapi sekali lagi ini sembilan belas agustus duaribu sepuluh.
tepat tujuh belas menit lewat dari pukul sepuluh..
malam-malam, ibunda, nenek dan buyut kami tercinta telah berpulang..
sekali lagi selamat jalan,Mak..
kami semua sayang sama Emak..





with love, ur grandson...

Minggu, 15 Agustus 2010

mereka bilang hidup itu..




ada yang bilang kehidupan ini kita berperan sebagai peselancar..
dimana realitas dunia jadi lautannya..
laut yang terlalu tenang tidak akan menjadi tempat idaman peselancar..
mereka mencari yang banyak ombak dan bergelombang airnya..
semakin besar ombak, semakin semangat si peselancar..
semakin besar ombak yang ditaklukan, semakin puas hasilnya..

begitu juga hidup kita..
rintangan hanyalah batu pijakan..
setelah kita lewati yang menanti adalah kemenangan,kebanggaan.
jangan takut oleh masalahmu,hadapilah..



ada yang bilang hidup kita bagai kupu-kupu..
binatang bersayap yang indah dan banyak diminati..
siapa sangka pada mulanya hanya seekor ulat yang menjijikan?
ulat mengalami metamorfosis (baca: perubahan) untuk menjadi kupu-kupu.
perubahan yang tidak mudah dilalui si ulat..
tapi hasilnya dia dapat mengepakkan sayapnya dengan bangga..

sama saja dengan kita..
terlalu banyak orang yang stagnan dan tidak mau membuka diri..
terbelenggu dunianya yang dirasa sudah cukup mumpuni..
padahal dengan perubahan niscaya hidup akan lebih baik lagi..

tapi siapa juga yang menduga ada proses keras yang kita harus lewati sendiri..

kala itu ada anak kecil yang melihat kepompong yang sudah cukup dewasa.
mulai terlihat mahkluk didalamnnya ingin merangsek keluar dari kediamannya..
karena ibanya, anak kecil itu membantu si mahkluk kecil keluar dari kepompongnya..
seketika kupu-kupu itu keluar dan... terjatuh..
anak itu terheran-heran melihat hal tersebut..
datanglah si ayah yang jauh lebih bijaksana..
si ayah meenepuk anak itu seraya berkata,"Nak,kadang ada sesuatu yang harus kita biarkan terjadi tanpa perlu kita bantu."
si anak tersadar.. niatnya ingin membantu kupu-kupu tersebut malah membuat si kupu-kupu tidak sempurna..
kupu-kupu akan keluar dengan cara memaksakan sayapnya merentang dari kepompongnya..
proses yang sulit itu tidak pernah dilalui kupu-kupu tadi sehingga ia tidak dapat terbang..

lagi-lagi, hidup kita sama seperti itu..
kita kadang merasa tidak adil dan merasa paling tau..
padahal masalah dan tantangan memang harus kita lalui..
baru kita dapat menjadi mahkluk yang lebih sempurna..

(inspired by Andrie Wongso)

Kamis, 15 Juli 2010

history is only other story...


waktu berlalu tanpa terasa..
setiap detik yang berlalu menorehkan sejarah..
tanda kita pernah melalui peristiwa..
menambah kuat pegangan hati sang jiwa..

Belajar dari pengalaman dunia..
saling menempa dengan sesama..
terkadang terasa sakit,pahit..
tapi itu jalan kita menjadi dewasa..

belajar tidak mengulang lagi kesalahan yang sama..
mecoba menghargai apa yang disebut kesempatan kedua..
karena yang ketiga biasanya sulit untuk datang..
tanda sesungguhnya kita masih belum matang..

semua yang pernah mampir ke dalam hidupmu..
sesungguhnya mereka adalah guru..
dengan cara yang unik dan berbeda..
membuat kamu menjadi tajam dan terasah..

bukanlah sesuatu hal yang aneh lagi..
bila kita dapat tertawa setelah masalah pergi..
ungkapan hati yang telah melewati mati..
bertahan dan meraih kemenangan kini..

terlampau puas terkadang kita melihat sejarah..
seakan lampau sudah menjadi patokan dan bingkaian..
kita tak perlu mengulang sejarah..
belajar dan mencoba terus untuk melewati batasan..

Rabu, 12 Mei 2010

pemulung cilik..


satu demi satu kupungut itu barang..
bukannya barang mewah atau mahal..
itu hanya beberapa gelas bekas air mineral..
mana ada barang berharga..
semua itu cuma sampah orang-orang punya..

aneh apa tampangku?
masak ngelihat orang kayak gitu?
ga sopan tau..kan malu..
jangan liat aku dari ujung rambut sampai ujung kaki..
toh aku tidak mencuri..

saya permisi numpang lewat..
sapa tau ada barang yang bisa kuambil..
ya mudah-mudahan aja membawa hasil..

buat anda mungkin itu cuma sampah..
tau gak anda kalau buat kami ini, itu sumber berkah..

kalian biasa berpergian bawa tas..
malahan ada yang harganya sampai jutaan..
saya mah cuma bawa karung bekas..
paling banter juga cuma kresek swalayan..

aku ini pemulung..
biar masih kecil juga aku sudah ulung..
bukan karena bakat..
tapi ya keadaan yang memaksa.

ingin aku main dengan kalian..
kadang di depan rumah kulihat kalian bermain dengan senang..
tapi aku sedih sekali..
setiap ku lewat,kalian memandang dengan tatapan geli..

aku ini juga manusia loh..
sama seperti kalian..
hanya saja aku kurang beruntung dibanding kalian..

sama,aku juga ingin sekolah..
tapi jangankan untuk itu..
baju ini aja udah 3 hari belum ganti..
bukan karena gaul,tapi ga punya..

masih sebal melihat aku?
jangan begitu dong..
kalau gak ada aku kan sampah itu cuma numpuk..
anggaplah saya membantu kamu..
hitung-hitung rumah kalian jadi bersih kan??

ya saya sadar saya cuma seorang pemulung..
yang secara ekonomi dan status terbawah..
tapi ingat asa saya tidak buntung.
hidup kan kadang diatas,kadang dibawah..
saya yakin akan mimpi..
mimpi yang membuat saya tabah..
bertahan dan tak kenal lelah..